MONACO 2020 DI MUSIM PANDEMI

MONACO (Moehamadyah National Competition) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Acara ini mengadakan serangkaian lomba yang ditujukan kepada siswa/i SMP dan SMA sederajat se-Indonesia.

Diharapkan MONACO 2020 bisa menjadi ajang dan wadah bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk mencapai titik kejayaannya sebagai seorang generasi muda sekaligus generasi penerus bangsa.

Tahun 2020 ini adalah kelima kalinya MONACO terselenggara. Pada tahun 2019 lalu kita berhasil mengadakan berbagai macam lomba dengan total 1000+ peserta jenjang SMP/SMA sederajat dan tentunya dari seluruh Indonesia. Tema yang kita bawa tahun 2020 ini adalah “The Prosperous Time”

Berikut adalah Cabang Lomba yang dapat dikuti pelajar SMP
A. Bidang Akademik

1.Olimpiade Matematika

Olimpiade Matematika merupakan salah satu kompetisi dalam MONACO#5 yang bertujuan untuk mengasah kemampuan berpikir peserta didik Sekolah Menengah Pertama dalam bidang Matematika dan mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti jenjang perlombaan yang lebih tinggi lagi. Dengan adanya Olimpiade Matematika di MONACO#5 ini diharapkan nantinya terbentuk peserta didik yang berprestasi dalam bidang Matematika.

2. Olimpiade IPA

Olimpiade IPA adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa-siswi pada jenjang SMP di Indonesia. Olimpiade Sains ini merupakan ajang berskala nasional yang diadakan setiap tahun di MONACO #5. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan bakat pada bidang sains di kalangan pelajar SMP/MTs.

3. Olimpiade IPS

Olimpiade IPS adalah salah satu diantara cabang lomba yang difasilitaskan untuk peserta didik tingkat SMP/Mts se-Indonesia di Moehi National Competition 2020. Lomba Olimpiade IPS merupakan lomba tahunan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan para peserta didik sekolah menengah pertama agar mendapatkan pengalaman dan ilmu pengetahuan di mata pelajaran IPS. Adapun sistem yang diangkat dalam perlombaan ini yaitu, sistem yang terdiri dari tiga babak (babak penyisihan, semifinal, dan final ). Olimpiade IPS di Monaco#5 kali ini merupakan wadah kompetisi bagi para siswa untuk menciptakan iklim akademik yang kompetitif terkhusus dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial agar terpacunya semangat berprestasi dalam diri siswa.

B.       Bidang Seni dan Bahasa
4. Story Telling

story telling adalah lomba bercerita menggunakan bahasa inggris yang merupakan salah satu cabang lomba dalam MONACO #5
5. Cerpen

Cerpen (cerita pendek) adalah salah satu perlombaan yang diadakan untuk meningkatkan kualitas dalam kreativitas penulisan dan menumbuhkan pikiran kritis serta penataan dalam menulis juga dapat menghibur sekaligus memberi inspirasi atau pelajaran, lomba ini dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap buku, meningkatkan minat baca dan juga kepekaan lingkungan (memahami dari berbagai sudut pandang), selain itu kita dapat menumpahkan apa yang sedang kita rasakan, alami, atau imajinasikan bagi pelajar SMP/MTs di Indonesia.

6. Lomba Cipta Puisi

Merupakan salah satu lomba cabang baru yang diadakan oleh Monaco di tahun 2020 ini. Lomba Cipta Puisi diadakan untuk pelajar tingkat SMP/MTS dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas,rasa percaya diri,imajinasi,dan melatih untuk berfikir kritis terhadap alam dan lingkungan sekitar. Peserta juga dapat memperkenalkan dan/atau meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi dalam bentuk cipta puisi.

C.     BIDANG KEAGAMAAN
7. Dai Muda

Da’i Muda adalah salah satu cabang lomba di MONACO#5 yang ditujukan untuk pelajar di tingkat SMP/Mts se-Indonesia, pesertanya bersifat perorangan baik putra maupun putri. Dalam Lomba Da’i muda ini yang dinilai adalah adab (etika), retorika, intonasi, mimik (ekspresi), dan materi. Lomba ini bertujuan untuk melatih para pelajar muda untuk menjadi pendakwah yang siap terjun di masyarakat.


8. Qiroah

Lomba qiroah yang bertujuan untuk mengembangkan serta menggali potensi generasi muda dalam bidang agama. Melalui lomba ini, peserta diharapkan mampu menumbuhkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta dan juga diharapkan mampu mensyiarkan serta mengamalkan di kehidupan masyarakat.

9. Saritilawah

Saritilawah merupakan salah satu cabang yang dapat diikuti oleh pelajar SMP/MTs di seluruh Indonesia. Perlombaan ini dilakukan dengan membacakan ayat suci Al- Qur’an yang diikuti terjemahannya, yang bertujuan memperdalam pemahaman mengenai makna ayat suci Al-Qur’an. Sehingga diharapkan dengan adanya lomba ini dapat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, memahami makna dari ayat suci Al-Qur’an serta menjadi salah satu media dakwah.

D. HOBI DAN PERMAINAN

10. Fotografi

Lomba Fotografi adalah lomba dalam mengekspresikan perasaan, menyampaikan cerita, dan memberi kesan dalam bentuk gambar, yang dilukis menggunakan media cahaya. Keestetikan dan kreatifitas diadu dalam Lomba Fotografi, pastinya hal itu akan didapatkan para peserta yang mengikuti Lomba Fotografi pada MONACO #5.

11. Esport

E-Sport merupakan salah satu lomba yang terbaru pada MONACO tahun 2020 ini. Terdapat 2 permainan online Yang dikompetisikan, yaitu Mobile Legends dan PUBG Mobile. Tujuan diadakannya lomba E-Sport, yaitu bermain game untuk mengasah skill, berkompetisi, dan merebut posisi juara. E-Sport merupakan salah satu lomba yang terbaru pada MONACO tahun 2020 ini. Terdapat 2 permainan online Yang dikompetisikan, yaitu Mobile Legends dan PUBG Mobile. Tujuan diadakannya lomba E-Sport, yaitu bermain game untuk mengasah skill, berkompetisi, dan merebut posisi juara. Untuk sistem yang akan digunakan yaitu sistem Round Rubin/Half League untuk cabang PUBG MOBILE dan sistem Single Elimination untuk cabang MOBILE LEGENDS BANG-BANG

UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA SILAHKAN KLIK GAMBAR DI BAWAH INI