Team RoboSchool Budi Utama Boyong Perak Korea dalam Robot Competition 2020

Dewa Cahya Goldenino (Nino) siswa kelas VIII smp Budi Utama dan Vito Bagus Putra Rimba (Vito)  alumni SMP Budi Utama Yogyakarta. Mereka tergabung dalam team Roboschool Indonesia dan menciptakan robot Delivery Gripper Robot, telah berhasil memboyong penghargaan Silver Prize untuk kategori Senior Team dalam International Youth Robot Competition 2020 di Daejon Korea Selatan pada 5-6 September 2020.

Lomba Robotik diselenggarakan oleh Daejon Metropolitan City yang bekerja sama dengan International Youth Robot Association (IYRA). Dalam perlombaan ini, memiliki 2 kategori lomba khusus warga Korea dan 1 kategori untuk kompetisi dunia. Perlombaan untuk kompetisi dunia yang diberikan adalah Robot Creation dengan tema “Robot, help us!”. Peserta yang mengikuti lomba ini terbagi level Junior (8-12 tahun) dan Senior (12-18 tahun) dan dilakukan dengan sistem daring. Para peserta membuat robot menggunakan part My Robot Time yang menjadi salah satu syarat perlombaan. Hasil karya tersebut dikirimkan ke panitia berupa video. Juara umum akan dipilih oleh juri ahli yang terdiri dari perwakilan berbagai negara dan direkomendasikan oleh mitra nasional IYRA. Pemenang lomba diumumkan pada tanggal 6 September 2020 di website resmi IYRC (iyrc.org).

Vito dan Nino termotivasi mengikuti lomba robotik meskipun melalui sistem daring, mereka mampu membuat karya yang luar biasa. Karya robot mereka dapat mempermudah manusia memindahkan barang (contoh: gelas) saat manusia sedang sibuk dan tidak dapat meninggalkan tempat duduknya. “Robot ini dapat membantu orang memindahkan gelas” ungkap Nino.